Monday, January 7, 2013

Kata Berkesan Mengantar Kesuksesan

Oleh: Drs. Najib Sulhan, MA

Mereka itulah orang-orang yang Allah mengetahui apa yang di dalam hati mereka, karena itu berpalinglah kamu dari mereka dan berilah mereka pelajaran dan katakanlah kepada mereka dengan perkataan yang berbekas/berkesan pada jiwa mereka. (Q.S. 4/An-Nisa’:63)
Setiap kata yang terucap selalu mengandung sebuah makna. Ada yang bermakna positif dan ada yang bermakna negatif. Kata yang positif akan selalu teringat dan bisa menjadi dorongan yang cukup berarti bagi yang menerimanya. Begitu juga kata negatif akan menjadi virus penghalang menuju kesuksesan. Dengan kata lain bahwa kata-kata yang berkesan positif dapat mengantara kesuksesan. Sebaliknya, kata-kata negatif menghambat kesuksesan.
Kata-kata yang berkesan adalah ucapan yang berbekas sampai lubuk hati orang yang diajak bicara. Terkait dengan cara komunikasi, maka qoulan baligho diartikan sebagai cara mengungkapkan kata yang bisa menyentuh dan berpengaruh positif pada hati sanubari orang yang diajak bicara. Dilihat dari segi sasaran atau ranah yang disentuhnya dapat diartikan bahwa qoulan baligho adalah ucapan efektif.
            Kata yang berkesan mengandung pengertian kata-kata motivasi yang bisa menjadi dorongan atau semangat untuk menapaki hidup. Kata positif yang berkesan memiliki kekuatan yang dahsyat. Apapun akan bisa dilalui, jika kata-kata positif sudah merasuk dan menjadi bagian hidup. Seseorang akan berubah pandangan setelah menerima kata-kata motivasi yang kuat. Orang yang malas menjadi lebih giat. Orang yang putus asa menjadi gairah kembali. Orang yang lemah menjadi kuat. Orang yang pesimis bisa menjadi optimis.
            Masih ingat kisah di dalam film laskar pelangi. Bagaimana cara bu Muslimah menanamkan keyakinan kepada anak didiknya yang tergolong dari kalangan yang kurang mampu. Bukan merendahkan anak-anak di hadapan anak yang lain, tetapi memberikan kata-kata yang berbekas atau kata-kata yang berkesan. Kata-kata itu sampai tersimpan dalam memori yang cukup panjang. Itulah yang membuat anak-anaknya sukses.
            Begitu juga tentang kisah Andi F. Noya yang notabene adalah dari kalangan keluarga biasa. Akan tetapi kata-kata guru, Bu Ana,yang membuat diri Andi termotivasi untuk menjadi seorang wartawan seperti saat ini. Kata-kata semangat bu Ana menjadi magnetpenguat bagi Andi F. Noya untuk bisa menggapai sukses dalam dunia kewartawanan.
Dalam sebuah kisahnya, Andi F. Noya memiliki latar belakang yang agak unik. Ketika SD Andi tergolong anak yang cerdas, tetapi jarang masuk sekolah. Suatu ketika Andi diikutkan lomba antar kelas di tingkat kecamatan. Andi tahu diri, sehingga ia menolak tawaran itu. Namun Bu Ana tetap menunjuk Andi sebagai wakil dari kelas 4. Bu Ana pun rela setiap hari harus memberikan pelajaran tambahan.
            Melalui bu bimbingan bu Ana, Andi mengikutilomba itu. Akhirnya, ketika panitia mengumumkan pemenangnya, ternyata Andi urutan pertama dari belakang, alias gagal. Andi merasa bersalah karena belum bisa menjadi juara. Pada saat seperi itu, Andi minta maaf kepada Bu Ana. yang telah memberikan kepercayaan. Namun dengan saikap yang bijak dan bahasa yang baik, Bu Ana menyampaikan pesan kepada Andi,”Andi kamu bukan kalah. Kamu anak yang hebat. Dengan kepandaianmu membuat karangan, kamu akan menjadi wartawan yang sukses .”
            Kata-kata itu sederhana.namun kata-kata itu sangat berkesan bagi Andi F. Noya. Kata-kata itu selalu terbawa ketika masuk di SMP dan juga saat di STM. Bahkan Andi selalu menanyakan kepada guru yang ditemui tentang arti wartawan. Kata ”wartawan” dan kata ”sukses” itu menjadi kunci.
Karena cerdas, Andi pun mendapatkan beasiswa ke perguruan tinggi negeri yang sangat bergengsi. Beberapa waktu dijalani. Namun kata-kata Bu Anak selalu tersimpan dalam memori dan kata-kata itu membekas selamanya dan tak terhapuskan. Ia meyakini kata-kata gurunya bahwa kalau ia menjadi wartawan akan sukses. Maka keluarlah ia dan menekuni sebagai wartawan. Kini Andi F. Noya menjadi orang yang sukses di bidang kewartawanan. Menjadi pimpinan redaksi di Metro TV, bahkan acara Kick Andi adalah acara yang paling diminati.
            Sungguh, kekuatan kata sangat membekas dalam diri seseorang. Jika kata itu diucapkan dari hati nurani yang ikhlas dengan kata yang penuh dorongan positif, maka akan membekas untuk selamanya. Kemungkinan kita juga menyimpan banyak memori kata motivasi yang membuat diri semangat. Kebanyakan orang-orang yang mampu menggapai kesuksesan mempunyai dorongan kata-kata yang positif.

No comments: