Ada empat pilar pendikan karakter yang sudah di rumuskan oleh Perguruan Islam Al-Azhar Kelapa Gading sejak tahun 2009.
. Pilar Pendidikan Karakter
Untuk mengawal dan membiasakan potensi kebaikan yang dimiliki oleh anak, maka Perguruan Islam Al-Azhar Kelapa Gading mengambangkan pola karakter dengan 4 pilar: (Rumusan Cipayung)
1. Robbaniyyah (Hubungan manusia dengan Allah)
a. Memiliki keimanan yang kokoh
~ Selalu optimis (Roja’)
b. Menerapkan keimanan dalam perilaku sehari-hari
~ Takut berbuat dosa (Khauf)
c. Memiliki ketaatan dalam beribadah
~ Ikhlas dalam beribadah
~ Mendirikan shalat wajib dan sunnah
~ Selalu menunaikan zakat
~ Terbiasa membaca Al-Qur’an
~ Menjalankan puasa
~ Membiasakan berinfak dan berkurban
~ Mengucapkan kalimat thoyyibah
~ Sabar dan adil
~ Membiasakan ibadah sunnah
~ Membiasakan menutup aurat
2. Insaniyyah (Hubungan sesama manusia)
a. Meneladani sifat-sifat Allah dalam hubungannya sesama manusia
~ Memiliki sifat sabar (as-Shabuur)
~ Memiliki sifat kasih sayang (ar-Rahman)
~ Memiliki sifat adil (Al-Adl)
~ Memiliki sifat bersyukur (As-Syakur)
~ Memiliki sifat mensucikan diri (Al-Kudus)
~ Memiliki sifat berani (Al-Aziz)
~ Memiliki sifat lemah-lembut (Al-Latif)
~ Memiliki sifat cerdas (Ar-Rasyid)
~ Memiliki sifat pemaaf (Al-Afwu)
b. Meneladani sifat-sifat Rasulullah dalam hubungannya sesama manusia
~ Memiliki sifat Siddiq
~ Memiliki sifat amanah
~ Memiliki sifat tabligh
~ Memiliki sifat fathonah
c. Mengaplikasikan pesan-pesan Al-Qur’an dalam hubungan sesama manusia
~ Berbakti kepada kedua orang tua
~ Ikhlas beramal
~ Rajin bekerja
~ Ramah dalam pergaulan
~ Ulet dalam menggapai cita-cita
~ Logis dalam berfikir
~ Waspada terhadap napza
~ Amanah dan dapat dipercaya
~ Lemah lembut dalam tutur kata
~ Istiqomah, teguh dalam keyakinan
~ Disiplin dalam segalan hal
~ Adil dalam segala tindakan
~ Ikram, hormat kepada guru dan sesama manusia
~ Nadzafah, bersih hati, pakaian, dan lingkungan
3. Ilmiyah (Hubungan dan sikap terhadap ilmu pengetahuan)
a. Siap belajar
b. Kejujuran ilmiyah
c. Berfikir logis dan sistematis
d. Bersikap haus ilmu
e. Bersikap ulet dan gigi
4. Alamiyah (Hubungan terhadap alam sekitar)
a. Memelihara kelestarian alam
b. Memanfaatkan Alam
c. Melakukan tadabbur dan tafakkur alam
Catatan:
Empat pilar di atas dijabarkan dalam SKL (Standar Kompetensi Lulusan) yang meliputi Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, materi, dan penailaian. Dari sinilah, kemudian diintegrasikan di dalam semua mata pelajaran dan kegiatan ekstra kurikuler, serta pembinaan karakter di pagi hari. Selain itu ada pengawalan budaya sekolah yang dilakukan terus menerus oleh semua guru.
No comments:
Post a Comment